Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Baru Tiga Bulan Di Perbaiki,DAM Kali Piring di Madiun Kembali Ambrol Lagi

Tiga Bulan Pasca Ambrol, DAM Kali Piring di Madiun Kembali Ambrol Lagi
Kondisi DAM Kali Piring yang ambrol, Rabu (10/3/2021).

Madiun - 

BERITA INFASTRUKTUR

Baru tiga bulan di perbaiki,DAM di kali piring jebol lagi karena Tak kuat menahan besar nya debit air DAM Kali Piring yang berada di Kelurahan Pilangbango, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun, kembali ambrol lagi Rabu (10/3/2021).

Lebih parahnya, reruntuhan pondasi pintu DAm tersebut menutup seluruh bagian jalur sungai yang berdampak meluap ke pemukiman warga. 

Informasi yang diperoleh wartawan BERITA INFASTRUKTUR di lokasi, bahwa warga menyebutkan jika DAM Kali Piring sudah ambrol tiga kali sejak di bangun di masa penjajahan belanda.

"Sudah mbrol 3 kali. Dan tadi ambrol lagi sekitar pukul 03.00 dibagian jembatan penyeberangan dan talud karena derasnya air dan tingginya volume debit air sehingga tidak kuat menahan, deras nya air" tutur Sudarwati warga Kelurahan Pilangbango, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun. 

Wati sapaan akrab Sudarwati mengatakan, jika DAM Kali Piring baru saja ambrol pada awal bulan Desember 2020 kemarin. Mengingat pentingnya Kali Piring untuk masyarakat sekitar khususnya petani menjadikan kendala tersendiri disaat musim tanam tiba. 

"Awal musim hujan kemarin juga baru ambrol di sisi talud, sekarang tambah parah karena jalur penyeberangan antara pintu satu dengan yang lain ambrol," katanya.

Sementara itu, Camat Kartoharjo Anita Maharani ketika melakukan sidak di lokasi menyebutkan, ambrolnya DAM Kali Piring yang memiliki panjang sekitar 15 meter itu tidak hanya berdampak pada aliran irigasi. Hal itu juga mempengaruhi keselamatan warga ketika terjadi banjir susulan yang melintasi kali ini.

"Yang jelas sangat membahayakan masyarakat sekitar. Karena pada kasus banjir yang sering terjadi bisa meluap ke pemukiman warga Kelurahan Kartoharjo hingga Kelurahan Kelun," ucapnya.

Lebih lanjut Camat mengungkapkan terkait ambrolnya DAM Kali Piring, pihaknya akan kordinasi dengan Dinas yang bersangkutan. Dimana dari hasil pemantauan secara umum, dirinya menyimpulkan bahwa kondisi DAM Kali Piring memang butuh perhatian serius. 

"Jadi, sebelumnya kita dapat informasi kalau DAM Kali Piring ambrol. Selanjutnya kita akan kordinasi dengan Dinas Pengairian Provinsi karena Dam Kali Piring 


Reporter.       : Umar Faruq

Editor.            : Mashuri

Posting Komentar

0 Komentar